Kamar Mandi WC Jongkok Bersih & Terawat, Coba 10 Cara Ini

Kamar Mandi WC Jongkok Bersih & Terawat, Coba 10 Cara Ini

Ada dua jenis wc atau toilet kamar mandi yang sering kita gunakan, yaitu toilet duduk dan kamar mandi wc jongkok. Walaupun zaman terus berubah, peminat toilet duduk terus populer.

Beberapa kamar mandi konsep modern juga menggunakan toilet duduk. Misalnya, bioskop, mall, dan restoran mewah telah menggunakan toilet jenis duduk.

Kendati demikian, ada beberapa tempat yang masih memilih kamar mandi dengan desain wc jongkok. Toilet jongkok masih memberikan kenyamanan tersendiri. Akan tetapi, anda harus rajin membersihkan supaya tidak ada kerak pada mangkuk toilet.

Dengan kondisi toilet bersih, tentu siapapun akan merasa nyaman ketika menggunakannya. Apalagi saat ini, toilet atau kamar mandi merupakan tempat yang lebih dari sekedar area untuk bersihkan tubuh.

Tapi, kamar mandi dapat membuat para penggunanya lebih rileks. Sehingga, kebersihan perlengkapan dan desain juga harus benar-benar anda perhatikan. Tidak hanya kerak, beberapa kamar mandi juga mengalami masalah seperti mengelupas pada bagian email kloset.

Email wc duduk atau wc jongkok sering mengelupas karena memang sangat rentan. Bahkan, walaupun kamar mandi baru pun dapat mengalami hal ini. Penyebabnya adalah karena kurang tepat memberikan perawatan.

Untuk mencari tahu seperti apa agar kamar mandi dengan kloset jongkok bisa tetap bersih, terawat, tanpa merusak lapisan kloset, anda dapat menggunakan cara berikut.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Ketika menghilangkan kerak, maka cara pertama adalah menggunakan cairan pembersih yang memang khusus untuk mengatasi kerak. Bahan kimia tersebut tetap aman untuk membersihkan kerak jika anda menggunakan sesuai petunjuk penggunaan.

Bahan pembersih khusus tersebut dapat anda temukan dengan mudah karena memang sudah tersebar bebas. Harganya juga tidak mahal, dengan variasi harga sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak wc jongkok sangat mudah. Mulai dengan menuang cairan terlebih dahulu pada serabut kain yang aman dan tidak merusak lapisan.

Hindari menggunakan serabut berbahan logam. Pastikan serabut tersebut punya struktur kekasaran medium. Lanjutkan dengan oles pada bagian berkerak. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet.

Apa saja kesalahan paling sering ketika menerapkan cara ini untuk membersihkan kamar mandi wc jongkok?

Banyak orang yang menggunakan cara tersebut dengean menuangkan terlalu banyak air. Sehingga, kinerja cairan kurang optimal. Pakai air sesekali, jika bahan kimia tersebut tampak kering.

Kekurangan metode ini adalah cara penerapannya yang harus sesuai petunjuk. Jika tidak mengikutinya, justru kurang memperoleh hasil efektif.

Kedua, jika sudah tuang cairan dalam toilet jongkok, anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menggosok dan menghilangkan kerak.

Gosokan yang anda ulangi terus menerus akan membuat noda kerak rontok. Namun, anda juga harus mengeluarkan tenaga, mudah lelah, dan tentu saja kurang efisien.

Bersihkan Kamar Mandi Wc Jongkok Dengan Pembersih Lantai

Apakah efektif menggunakan pembersih lantai untuk membersihkan wc jongkok? Tentu saja bisa. Walaupun dari segi namanya sudah tidak sesuai, tapi cairan ini dapat mengangkat noda.

Pembersih lantai terbuat dari berbagai bahan yang dapat menghilangkan kerak. Jadi, anda dapat memilih pembersih lantai sebagai bahan alternatif supaya wc jongkok jadi bersih.

Cara menggunakannya adalah dengan tuang pembersih lantai pada bagian wc jongkok yang bernoda. Berikutnya, biarkan hingga setengah jam supaya cairan tersebut dapat bekerja.

Setelah itu, gunakan sikat kasar untuk menggosok noda atau kotoran membandel. Cara ini dapat anda akhiri dengan membilas kloset pakai air bersih.

Sitrun Untuk Kebersihan Toilet Jongkok

Toilet jongkok juga dapat anda bersiihkan dengan memanfaatkan sitrun. Citric acid atau sitrun adalah asam cuka dengan wujud serbuk.

Gunakan serbuk ini untuk memutikan pakaian, menambahkan rasa masam, pengawet, dan bahkan untuk mengangkat noda membandel toilet.

Sifat asam sangat anda butuhkan sebagai metode efektif jika menghadapi noda membandel pada wc jongkok anda.

Cara menggunakannya adalah dengan gosok toilet jongkok. Lalu, pakai air sabun dan bilas pakai air bersih pada seluruh permukaan toilet jongkok.

Lanjutkan dengan menabur asam sitrat pada wc jongkok yang sudah basah, dan berikutnya adalah jangan gunakan wc tersebut selama satu jam. Dengan membiarkan, maka sitrun dapat bekerja.

Sikat lagi toilet jongkok dan bilas dengan air bersih supaya tidak ada air sabun atau sitrun tersisa. Jangan lupa untuk mengelap toilet agar dalam kondisi kering setelah membersihkan.

Bersihkan Kamar Mandi WC Jongkok Dengan Kaporit

Kaporit atau kalsium hipoklorit adalah bahan populer untuk disinfektan air. Bahan ini juga memiliki bau khas seperti di kolam renang. Bau zat klorin dalam kaporit terjadi karena proses dekomposisi ketika berada dalam udara lembab.

Ketika ingin beli kaporit, zat ini tampak kekuningan. Padahal beentuk kaporit adalah padatan putih. Nah, bagaimana menggunakan kaporit untuk membersihkan kamar mandi wc jongkok?

Pertama, gunakan air panas dan siramm pada wc jongkok. Kemudian, tabur kaporit pada bagian bernoda. Biarkan hingga 30 menit dan pakai sikat untuk menggosok toilet.

Sikat tersebut harus anda oles pakai sabun terlebih dahulu. Fungsinya adalah supaya sisa kaporit yang masih menempel pada permukaan bisa bersih. Terakhir, gunakan air bersih untuk membilas.

Bersihkan WC Jongkok Dengan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian memang paling sering anda gunakan untuk mengatasi noda membandel pada pakaian putih. Nah, selain anda dapat menggunakan untuk menghilangkan noda pakaian, anda juga dapat menggunakan pemutih tersebut untuk wc jongkok.

Gunakan bahan ini ketika anda melihat adanya noda, kotoran membandel, atau kerak pada toilet jongkok. Kandungan zat pada pemutih pakaian dapat membantu supaya kotoran rontok, luntur. Struktur kerak pada wc jongkok jadi rusak dan mudah untuk anda bersihkan.

Untuk menggunakan bahan ini, tuang caira pemutih pada kloset secara menyeluruh. Biarkan sampai 15 menit dan gunakan sikat untuk menggosok berulang-ulang sampai kerak terangkat. Siram menggunakan air bersih sebagai tahap akhir.

Membersihkan Kamar Mandi Dengan WC Jongkok Pakai Cuka

Cuka adalah cairan asam, dan cairan bersifat asam selalu bagus untuk membuat noda lunak. Anda dapat menggunakannya untuk toilet, wastafel, dan keramik kamar mandi agar kinclong. Cairan asam tersebut juga dapat anda beli secara mudah.

Menggunakan cuka adalah cara sederhana. Anda tinggal membasahi bagian kamar mandi yang tampak bernoda, berkerak, dan tuang cuka. Lanjut dengan membiarkan selama 20 menit. Gunakan sikat untuk menggosok dan siram dengan air bersih untuk membilas.

Minuman Bersoda Untuk Menghilangkan Noda WC Jongkok

Anda juga dapat belanja minuman bersoda yang ada di minimarket atau toko. Minuman bersoda dapat membersihkan wc jongkok karena kandungan fosforik ringan dan asam karbonat. Seluruh kandungan tersebut merupakan hasil proses karbonasi.

Cara menggunakan bahan ini adalah dengan menuang minuman bersoda dalam wc jongkok. Tidak usah banyak-banyak, cukup satu kaleng saja. Tuang pada pinggiran lubang toilet dan biarkan cairan soda mengalir pada kerak yang ingin anda bersihkan. Biarkan selama beberapa menit.

Perlu anda ingat, cara ini semakin efektif jika semakin lama nada membiarkan minuman bersoda tersebut ada dalam wc jongkok. Sehingga, cairan dapat bekerja lebih optimal. Contohnya, anda dapat membiarkannya hingga satu jam atau satu malam.

Cara kerja asam dalam minuman berkarbonasi adalah dengan merusak struktur dalam kerak. Sehingga, anda dapat menyiram toilet tanpa perlu menggosok. Kerak atau noda membandel akan ikut hilang ketika anda membilasnya.

Membersihkan Toilet Jongkok Dengan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang populer untuk proses pembuatan kue. Namun, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan kecantikan, mengangkat bakteri, dan bahkan membersihkan toilet, wastafel, atau bagian kamar mandi dari bahan keramik.

Cara membersihkan kamar mandi menggunakan baking soda juga tergolong mudah. Pertama, tabur baking soda pada toilet jongkok dan biarkan hingga semalaman.

Bahan ini punya sifat tidak sekeras bahan lain. Sehingga, memang anda harus mendiamkan lebih lama. Setelah semalaman, sikat pakai sikat dengan bulu kasar, dan bilas sampai bersih. Agar hasilnya maksimal, anda juga dapat mencampurkan baking soda dan cuka, lalu tuang pada toilet, dan biarkan semalaman.

Belimbing Wuluh Untuk Menghilangkan Noda WC Jongkok

Berikutnya, belimbing wuluh atau belimbing sayur juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan noda pada wc jongkok. Belimbing wuluh merupakan bahan tambahan masakan, dengan sifatnya yang asam. Sehingga, anda dapat menggunakannya juga untuk membersihkan toilet dari noda kerak.

Cara menghilangkan kerak dengan memakai belimbing wuluh sangat mudah. Potong terlebih dahulu, dan gunakan buah belimbing wuluh pada kamar mandi wc jongkok. Caranya, dengan menggosok buah tersebut, bukan bagian kulitnya pada noda kuning wc.

Kemudian, biarkan sampai benar-benar kering, dan pakai sikat untuk membersihkan supaya noda kuning benar-benar hilang. Gunakan air bersih supaya tidak ada bekas belimbing wuluh.

Walaupun tergolong sebagai cara efektif untuk mengangkat noda kuning, namun anda harus mengeluarkan energi lebih untuk menghilangkan kerak membandel pada wc jongkok.

Boraks dan Perasan Jeruk Lemon Untuk Kamar Mandi

Lemon adalah buah yang punya banyak manfaat untuk kehidupan rumah tangga. Anda dapat menggunakannya bahkan untuk membersihkan apapun. Selain itu, lemon punya aroma yang segar, sehingga sesuai sekali untuk kamar mandi wangi.

Cara menggunakan lemon dan boraks adalah tuang boraks sebanyak satu cangkir pada wc jongkok. Aplikasikan pada bagian bernoda. Siapkan jeruk lemon sebanyak dua buah dan peras untuk anda ambil sarinya. Tuang air perasan tersebut pada wc jongkok. Selanjutnya, biarkan 30 menit dan sikat. Terakhir, gunakan air bersih untuk membilas.

Itulah berbagai cara yang dapat anda coba untuk membersihkan kamar mandi wc jongkok yang kotor, dengan noda membandel, noda kuning, atau kerak.

Setiap cara yang sudah anda pelajari tentu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka, anda dapat memilih cara termudah sesuai kapasitas anda.

Perlu anda ingat bahwa air dalam wc tentu adalah air kotor yang masih ada bakteri dan virus tertinggal disana. Sehingga, jangan sampai bakteri tersebut masuk dalam pembuluh anda karena akan membawa penyakit atau infeksi. Jadi, penting sekali untuk menjaga kebersihan kamar mandi, wc, dan gunakan alat pelindung diri.

Menjaga kamar mandi wc jongkok juga bukan hal mudah untuk anda terapkan. Air yang terus ada dapat memicu tumbuhnya kerak.

Kerak yang membandel juga tidak bisa lantas hilang dengan sekali proses membersihkan. Itulah mengapa, anda harus menjaga kebersihan secara teratur agar tidak ada noda menumpuk berubah menjadi kerak.

Namun, jika Anda membutuhkan layanan jasa sedot WC Tuban dengan layanan terbaik silahkan hubungi kami.

Untuk Info layanan jasa terbaik silahkan kunjungi website https://info-jasa.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *