Cara Mengatasi Toilet Sumbat Paling Efektif

Cara Mengatasi Toilet Sumbat Paling Efektif

Cara mengatasi toilet sumbat adalah hal yang pertamakali Anda cari begitu menyadari bahwa toilet sedang tidak normal. Mungkin anda ingin mencari cara terlebih dahulu bagaimana mengatasi supaya tidak mampet, tanpa harus panggil tukang ledeng.

Ada beberapa cara mengatasi sumbatan toilet. Misalnya, dengan menggunakan alat sedot berkualitas, pembersih dari air panas, cuka, serta soda kue. Agar dapat mengatasi masalah ini, Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kering/basah atau plumbing snake.

Mungkin Anda sedang berusaha untuk membersihkan toilet. Namun, jika air dalam toilet tidak mengalir ketika Anda mengguyur, jangan tambahkan air lagi.

Hal ini mencegah supaya tidak ada genangan air dalam mangkuk toilet. Cobalah membuka tangki toilet, kemudian tutup katup flapper. Sehingga, cara ini mencegah air masuk terus dalam mangkuk toilet.

Kalau kesulitan mencari katup flapper, maka cari penutup saluran air dengan rantai sebagai penghubungnya. Air dalam tangki toilet merupakan air bersih. Tidak masalah jika Anda memasukkan tangan langsung guna menutup katup tersebut.

Kemudian, sebelum melakukan apapun, sediakan tisu atau koran bekas. Gunakan bahan tersebut untuk menutup lantai kamar mandi guna menyerap air ketika ada percikan dari toilet.

Lapisan kertas juga membantu supaya kamar mandi mudah anda bersihkan. Jika ada kipas ventilasi, nyalakan atau bisa juga dengan buka jendela kamar mandi. Cara ini dapat mengurangi aroma kamar mandi.

Pakai sarung tangan karet sebagai cara mengatasi sumbatan toilet. Toilet merupakan sarang kuman, sehingga butuh alat perlindungan diri. Gunakan sarung tangan karet yang dapat menutup hingga siku tangan. Pakai juga pakaian lama untuk jaga-jaga.

Berikutnya, coba untuk cek sumbatan. Apakah yang menyebabkan toilet tersumbat dengan memasukkan tangan untuk mengambil sumbatan. Atau, anda dapat menggunakan berbagai cara berikut.

Cara Mengatasi Toilet Sumbat Dengan Alat Sedot

Alat sedot yang anda gunakan akan mempengaruhi hasil akhir. Gunakan alat sedot dengan bahan karet tebal. Bentuknya seperti bola dan ujungnya berbentuk runcing pada bagian bawah dengan model tertutup layaknya saluran air.

Hindari menggunakan alat sedot murah karena tentu saja tidak akan efektif. Untuk alat sedot yang sulit menutup bagian mangkuk toilet secara rapat, ambil lap. Kemudian, bungkus alat menggunakan lap tersebut supaya menutup seluruh celah.

Selanjutnya, aliri bagian alat sedot menggunakan air panas sebelum anda menggunakannya. Cara ini akan membuat karet jadi lunak, sehingga nantinya alat sedot bisa langsung menutup saluran toilet secara rapat.

Agar cara ini bekerja efektif, pastikan supaya alat sedot dapat menutup lubang pada saluran toilet. Selanjutnya, benamkan alat tersebut dalam air supaya efektif. Cobalah mendorong serta menekan air ketika menggunakan alat tersebut, jadi tidak berisi udara.

Atau, anda juga dapat menuang air melalui keran supaya volume air pada mangkuk toilet pun bertambah.

Berikutnya, tekan alat penyedot pada mangkuk toilet. Tekan dan tarik secara perlahan supaya udara terdorong dalam mangkuk toilet. Lalu, tekan ke bawah dan tarik kuat-kuat ke atas, supaya sumbatan bergoyang dan kendur.

Lanjutkan dengan dorong serta tarik alat sedot sampai air mengalir kembali. Anda butuh waktu sekitar 15 menit atau 20 menit sampai sumbatan toilet terbuka.

Memang cara ini membutuhkan kesabaran, karena dapat mengatasi benda sumbatan jika bukan karena benda keras. Walau anda harus mencoba berulang-kali, sangat mungkin efektif menggunakan cara ini.

Periksa aliran air dalam toilet dengan cara mengguyurnya. Jika air yang menggenang dalam mangkuk toilet akhirnya mengalir tapi sumbatan masih menghambat air, biarkan dulu alat sedot tersebut dan isi air kembali sampai volume seperti biasa. Tekan, lalu tarik lagi alat tersebut.

Cara Mengatasi Toilet Sumbat Pakai Enzim

Kamu juga bisa berkunjung ke toko peralatan rumah. Lalu, cari produk pembersih yang mengandung campuran enzim. Cara kerjanya adalah dengan melarutkan kotoran yang menyumbat.

Enzim ini jauh lebih bagus daripada menggunakan pembersih toilet berbahan kimia yang merusak lingkungan dan pipa air.

Gunakan cara ini sebagai metode efektif supaya sumbatan toilet menghilang, terutama karena kotoran organik. Cara ini bukan cara ideal jika yang menyumbat toilet adalah benda padat, tidak bisa dihancurkan, seperti mainan.

Cara menggunakan produk enzim untuk sumbatan toilet sangat mudah. Anda tinggal menuang produk sesuai petunjuk pemakaian. Lalu, biarkan hinga semalam dan enzim pasti akan bekerja. Cek besok paginya dan toilet seharusnya sudah teratasi.

Air Panas, Soda Kue, & Cuka

Cara berikutnya untuk mengatasi sumbatan toilet adalah dengan menyediakan 2 liter air panas. Sumbatan karena begitu banyak kotoran menumpuk dapat anda atasi dengan air panas, soda kue, serta cuka.

Ketiga bahan tersebut bekerja efektif untuk menghancurkan kotoran dan tidak kalah dengan produk komersial.

Caranya, sangat mudah yaitu dengan merebus dua liter air. Biarkan dinigin dan masukkan dua bahan yaitu soda kue serta cuka dalam mangkuk toilet.

Mengapa harus dua liter air? Karena sedikit air saja tentu akan sangat kurang, sehingga tidak efektif untuk mengatasi kamar mandi tersumbat. Air banyak akan memberikan daya dorong kuat.

Selain itu, pastikan jika suhu air tidak lebih dari suhu panas dalam secangkir teh. Air yang mendidih dan terlalu panas justru merusak porselen.

Jika air sudah siap, tuang soda kue sebanyak satu cangkir dan cuka sebanyak dua cangkir dalam toilet. Kedua bahan tersebut menghasilkan reaksi kimiawi supaya sumbatan dapat larut. Cuka putih suling juga dapat anda gunakan, atau cuka jenis apapun.

Kedua campuran menghasilkan reaksi seperti munculnya buih. Untuk anda yang tidak punya cuka atau soda kue, tidak masalah.

Anda bisa memanfaatkan sabun sunlight atau sabun cuci piring lainnya dalam mangkuk toilet. Cara ini akan membantu supaya sumbatan jadi kendur.

Tentunya, cara ini tidak akan berhasil untuk mengatasi toilet sumbatan karena benda padat, misalnya mainan.

Selanjutnya, setelah kedua bahan sudah anda tuang, tuang air panas. Hati-hati ketika menuang. Cara menuang yang tepat adalah dengan posisi setinggi pinggang, jangan menuang terlalu dekat pada tepi toilet.

Tujuannya agar ada dorongan air masuk dengan kuat supaya sumbatan jadi hancur.

Biarkan campuran tersebut bekerja semalam. Saat pagi harinya, seharusnya toilet sudah tidak mampet dan tidak ada air menggenang.

Campuran pembersih ini ampuh untuk mengatasi toilet sumbatan karena bahan organik.

Kalau genangan air dalam toilet tidak mengalir, berarti ada benda keras membuat saluran toilet tersumbat. Anda harus menggunakan plumbing snake.

Kloset Mampet Dengan Plumbing Snake

Alat pembersih lentur, atau plumbing snake, atau auger terbuat dari kawat lentur. Dengan kelenturannya maka dapat mengikuti bentuk saluran air. Sehingga, akan masuk lebih mudah daripada penggunaan kawat biasa.

Closet auger adalah pilihan tepat karena telah dirancang sebagai cara mengatasi toilet sumbat tanpa menggores dan merusak bagian toilet. Itulah mengapa, tukang ledeng sering membawa alat ini.

Mulai masukkan plumbing snake dalam saluran air. Tekan supaya kawat tersebut masuk terus dalam saluran air. Nah, jika mulai sulit masuk, Anda sudah menemukan titik sumbatan toilet.

Pilin, lalu dorong plumbing snake, fungsinya agar sumbatan hancur jadi serpihan kecil serta mengalir pada pipa. Mungkin anda membutuhkan waktu untuk menggerakkan kawat dalam beberapa menit supaya dapat mengatasi sumbatan.

Jika air dalam mangkuk toilet sudah mengalir, anda dapat mencoba menguji dengan guyur air.

Jika toilet tersumbat karena benda keras, maka lakukan gerakan pada arah berlawanan. Dalam beberapa kondisi, karena mainan tersangkut atau lainnya, mungkin Anda harus ganti toilet dan meminta bantuan tukang ledeng atau jasa sedot wc.

Mengatasi WC Tersumbat Dengan Gantungan Baju

Ambil gantungan baju dengan kawat, lalu buka serta luruskan. Cara ini dapat anda coba jika tidak memiliki auger. Pada bagian ujungnya dapat anda bungkus menggunakan lap serta selotip sebagai perekat.

Fungsi lapisan lap adalah supaya kawat tidak merusak lapisan porselen dalam toilet. Cara ini sering berhasil untuk mengatasi sumbatan yang tidak terlalu dalam.

Mulai masukkan ujung kawat yang sudah anda lapisi lap dalam saluran air toilet. Dorong perlahan dan lakukan gerakan melingkar. Jika anda dapat merasakan sumbatan, dorong dan supaya kawat menekan benda keras. Terus lakukan sampai ada air dalam mangkuk toilet mulai mengalir dan berkurang.

Gunakan sarung tangan karet ketika memilih cara ini. Sehingga, tidak ada percikan air kotor dari toilet.

Jika tidak terasa sumbatan atau tidak ada air dalam mangkuk toilet yang mengalir, sumbatan tersebut mungkin sangat dalam. Anda harus menggunakan auger.

Namun, jika air mulai mengalir, guyur. Air kotor dan sumbatan harusnya sudah mengalir jika sumbatan dapat teratasi. Sayangnya, anda harus menggunakan plumbing snake jika toilet masih lambat dan sumbatan terdorong semakin jauh.

Mengatasi Toilet Mampet Dengan Pembersih Saluran Air

Anda dapat membeli produk pembersih saluran air yang ada pada toko perkakas, toserba, atau mini market. Gunakan cara ini sebagai cara mengatasi toilet sumbat dan cara terakhir.

Berbahan kimia, tentu saja cairan ini berbahaya bagi manusia dan binatang. Selain itu, juga sifatnya korosif terhadap pipa air. Pembersih saluran air juga memiliki kandungan klorin yang dapat merusak lingkungan.

Cara ini tidak dapat mengatasi sumbatan toilet karena benda keras. Anda harus menghubungi tukang ledeng atau sedot wc.

Bahan pembersih saluran air mengandung bahan kimia, pastikan bahan tersebut sesuai untuk toilet. Penggunaan yang tidak sesuai rekomendasi tentu dapat membuat toilet rusak.

Ikuti panduan atau petunjuk sesuai label ketika menggunakan pembersih ini. Jangan sampai terlalu banyak dan tidak sesuai takaran. Setelah anda menuang pembersih, tutup toilet. Hal ini penting supaya tidak ada uap beracun yang terhirup.

Hindari menggunakan alat sedot jika sudah menuang pembersih ini. Hal ini akan memicu percikan yang bisa mengenai kulit anda.

Ketika hendak melakukan cara mengatasi toilet sumbat ini, pastikan jika udara mengalir lancar dalam kamar mandi. Sehingga, tidak ada siapapun yang menghirup udara yang sudah tercampur dengan uap bahan kimia tersebut.

Itulah berbagai cara mengatasi toilet sumbat yang efektif. Jangan lupa untuk rajin membersihkan mangkuk toilet teratur supaya aliran air selalu lancar dan mencegah adanya sumbatan.

Jika masih belum mampu mengatasi sumbatan toilet, silahkan Anda menghubungi jasa sedot WC CV Aries.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *