Cara Membersihkan Kamar Mandi Secara Total, Dijamin Bersih

Cara Membersihkan Kamar Mandi Secara Total, Dijamin Bersih

Cara membersihkan kamar mandi membuat pekerjaan lebih mudah. Nggak semua orang mau berlama-lama menghabiskan waktu dalam kamar mandi untuk membersihkan. Selain menjadi sarang kuman dan bakteri, kamar mandi juga penuh dengan kotoran.

Namun, kalau hanya memikirkan rasa jijik, malas, atau risih, justru kamar mandi akan semakin kotor. Lantai licin bisa berbahaya.

Semakin kotor kamar mandi juga tentu akan membuat siapapun yang menggunakannya akan merasa kurang nyaman.

Nah, mungkin kamu merasa bingung harus mulai darimana jika ingin membersihkan kamar mandi secara total.

Hal pasti yang harus kamu ingat adalah ketika kamu ingin membersihkan kamar mandi, kamu harus punya waktu luang yang panjang. Kemudian, pakai juga pakaian nyaman.

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Sebelum menggunakan bahan apapun untuk membersihkan kamar mandi, hal yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan barang-barang dulu.

Masukkan handuk dan pakaian kotor dalam keranjang baju khusus. Sedangkan sampo, pasta gigi, sikat gigi, dan peralatan mandi bisa kamu keluarkan dulu. Hal ini penting supaya kamu bisa membersihkan kamar mandi secara maksimal.

Setelah mengeluarkan barang-barang tersebut, kamu bisa cuci untuk bersihkan semua peralatan kamar mandi.

Sehingga, nggak ada debu tertinggal. Isi juga botol shampo atau sabun cair yang sudah abis. Kalau botol-botol itu nggak kepakai lagi, sebaiknya segera kamu buang.

Ketika membersihkan kamar mandi, kamu juga harus fokus membersihkan atap, atau langit-langit. Biasanya, ada debu atau sarang laba-laba.

Sehingga, kamu mungkin membutuhkan sapu pembersih atap. Mulai dari bagian sudut sampai ke tengah. Jangan sampai ada kotoran melayang tampak setelah kamu sudah membersihkan semua bagian ya!

Kalau langit-langit sudah kamu bersihkan, bisa pindah pada bagian rak penyimpanan. Kamu nggak mau ada debu yang tertinggal disitu.

Pakai kain microfiber kering dan tambah sedikit air supaya nggak ada debu menempel. Cara ini juga bisa menghilangkan bakteri sarang penyakit. Kalau sudah, tinggal lap kering pakai kain microfiber lain.

Kalau ada cermin dalam kamar mandi, kamu harus memastikan cermin tersebut bersih. Sehingga, kamu bisa berdandan atau cuman bercermin. Pakai kain microfiber yang sudah basah untuk lap kotoran yang nempel pada cermin.

Selanjutnya, semprot pakai sabun kusus cermin atau kaca. Lanjutkan dengan pakai wiper atau bisa dengan alat kebersihan lain.

Biasanya, kamar mandi minimalis punya sekat kaca untuk memisahkan shower dan toilet. Nah, kamu bisa mencoba cara ini supaya sekat juga bersih!

Sedangkan pada bagian wastafel, pakai spons dan tuang sabun pembersih. Gosok pelan wastafel dan kran air. Pakai sikat gigi kalau ada noda dan sikat. Jangan lupa untuk bilas setelah selesai.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid

Ada banyak cara yang bisa kamu coba, salah satunya menggunakan citric acid. Dalam Bahasa Indonesia, kamu bakal pakai Asam Sitrun. Caranya sangat mudah seperti berikut:

  • Pastikan kamu sudah sikat seluruh permukaan kamar mandi. Mulai dari dinding, lantai, kloset, bak mandi, sampai wastafel.
  • Lanjutkan dengan siram seluruh bagian yang sudah kamu sikat. Pakai air bersih untuk membilas. Taburkan sitrun hingga rata pada seluruh bagian tersebut ya!
  • Biarkan saja hingga setengah jam.

Asam sitrat masuk dalam golongan asam organik lemah. Selain dipakai sebagai bahan pengawet alami, ternyata sitrun juga dipakai untuk pembersih.

Pembersih satu ini juga ramah lingkungan serta mengandung agen anti oksidan.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Keramik

Salah satu masalah yang sering muncul pada bagian keramik kamar mandi adalah kerak. Tidak hanya pada keramik lantai, tapi bahkan bisa pada bagian dinding karena air.

Mengapa kerak bisa muncul dalam kamar mandi? Kerak muncul karena sisa sabun, lumut, dan juga karena adanya kotoran yang begitu lama.

Sehingga, kotoran tersebut mengendap pada bagian keramik. Itulah mengapa, kamu harus tau gimana sih cara membersihkan kerak tersebut.

Langkah pertama:

  • Sediakan botol semprot, tuang cuka putih dan gunakan untuk membuat kamar mandi bersih.
  • Semprot bahan tersebut pada keramik, termasuk lantai dan bagian dinding.
  • Biarkan sampai 10 menit dan sediakan air panas. Kamu bisa ambil air panas dari shower atau kran. Uap panas berfungsi supaya tumpukan kerak bisa larut.
  • Siram pakai air panas pada keramik jika sudah dua menit.
  • Lap dengan menggunakan spons basah.
  • Bilas jika keramik dinding atau lantai kamar mandi sudah dibersihkan, lanjut gunakan handuk untuk mengeringkan.
  • Car wax juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan lantai. Kamu bisa membuat gerakan melingkar supaya lantai atau dinding lebih kinclong.

Langkah kedua:

Kamu bisa memanfaatkan kaporit sebagai disinfektan air. Namun, kamu juga bisa pakai bahan ini untuk mengatasi keramik kusam, dengan cara berikut.

  • Gunakan air panas untuk menyiram dinding dan lantai keramik pada toilet.
  • Ambil bubuk kaporit dan tabur pada bagian kerak dinding. Nah, kamu bisa tunggu 30 menit.
  • Gosok pakai sikat dan ambil air bersih untuk bilas.

Kamu bisa kok beli di berbagai toko bahan kimia untuk menggunakan kaporit. Bahan ampuh ini juga bisa kamu gunakan untuk kerak membandel.

Pakai Wipol

Cara instan adalah pakai cairan pembersih atau karbol, dengan tips berikut.

  • Tuang karbol dalam wadah.
  • Celup sikat dalam wadah tersebut, gosok pada kerak keramik, tunggu 15 menit.
  • Sikat dan bilas.

Untuk beli cairan karbol bisa ke toko dekat rumah. Ada banyak merk dan harga bervariasi. Semuanya punya formula buat bikin keramik jadi kinclong.

Membersihkan Toilet Dengan HCL

Untuk kamar mandi, kamu bisa membersihkan pakai HCL. Asam Hidrokolorida adalah larutan jernih dan merupakan bahan kimia. Jadi, ketika kamu pilih pakai ini, sebaiknya pakai sarung tangan karet.

HCL ini juga punya sifat korosif karena kandungan asam mineral tinggi. Selain itu, kamu juga harus pakai masker karena baunya begitu menyengat.

HCL bisa digunakan dengan cara langsung kamu tuang pada bagian noda membandel. Selanjutnya, ratakan HCL dengan pakai kuas. Biarkan hingga 15 menit. Sebaiknya, jangan tunggu dalam kamar mandi, kamu bisa meninggalkan ruangan.

Selanjutnya, pakai sikat bergagang. Gosok area bernoda dengan keras. Gunakan air untuk membilas, ulangi gosok pakai ampelas halus pada noda yang masih tertinggal.

Atau, kamu juga bisa menggunakan deterjen untuk memastikan bahwa noda bener-bener sudah ilang. Deterjen bubuk, sabun colek, serta sabun cair cuci piring bisa kamu pilih.

Proses terakhir  adalah dengan siram pakai air sampai nggak ada lagi sisa HCL.

HCL dikenal punya banyak manfaat, termasuk untuk mengatur PH dalam air, membuat air kolam renang jadi jernih, serta menghilangkan kerak membandel.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Baking Soda

Cara terakhir yang dapat kamu coba adalahh dengan menggunakan baking soda. Ada banyak manfaat dari bahan yang satu ini. Dengan harga terjangkau, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat kamar mandi jadi bersih.

Kamu bisa membeli baking soda, tanpa harus nunggu bikin roti atau kue. Karena bahan ini juga bisa berfungsi untuk pembersih kamar mandi. Bahan dapur ini dapat bekerja secara efektif agar noda dan kotoran membandel jadi hilang.

Sebagai bagian paling kotor dalam rumah, kamar mandi jadi sarang kuman dan penyakit. Virus dan bakteri jahat bertebaran yang mana kita sendiri juga nggak bisa melihat.

Nah, kamu bisa menggunakan baking soda sebanyak setengah cangkir saja. Nggak banyak, kan?

Caranya, campur baking soda tersebut dengan air hangat sebanyak satu ember. Setelah itu, siram semua lantai menggunakan campuran baking soda tadi.

Lanjutkan dengan sikat bagian dinding dan lantai pada kamar mandi supaya kotoran benar-benar hilang. Jangan lupa untuk cek dan bersihkan seluruh sudut.

Jika sudah, kamu bisa langsung lihat hasilnya. Sekarang kamar mandi kamu jadi tampak lebih bersih jika dibandingkan dengan sebelumnya, kan?

Setelah menggunakan baking soda untuk membersihkan toilet, kamu bisa simpan dan gunakan kapanpun yang kamu butuhkan.

Soalnya, baking soda ini juga berguna banget ketika kamar mandi juga mengalami mampet. Biasanya, pada saluran terdapat kotoran organik yang nggak bisa dibersihkan.

Nah, lemak melekat atau mengeras pada bagian saluran pembuangan kamar mandi bisa kamu atasi pakai baking soda.

Untuk menggunakannya, gampang banget. Ambil botol besar, lalu isi pakai air panas. Lanjut dengan tuang segelas baking soda dalam botol itu. Lanjutkan dengan menuang botol air dalam saluran pembuangan.

Baking soda akan bekerja efektif untuk menghancurkan seluruh lemak yang bikin kamar mandi jadi mampet.

Nah, dengan menggunakan berbagai cara di atas, jadi kamu nggak bakalan kerepotan lagi untuk bersihin kamar mandi. Cara apapun yang kamu pilih, bersihkan kamar mandi secara rutin ya!

Tips Agar Kamar Mandi Bersih Terus

Karena membersihkan kamar mandi secara total itu bener-bener bikin capek, ada banyak kebiasaan yang bisa kamu lakukan. Semua itu justru bikin pekerjaan bersih-bersih kedepannya jadi lebih mudah, loh!

Nah, agar nggak penasaran, kamu bisa langsung cek apa saja yang harus kamu kerjakan setiap hari. Supaya, kamar mandi selalu dalam keadaan bersih.

  • Selalu inget bahwa kamar mandi jadi area paling kotor. Walaupun kamu nggak lihat ada noda atau kotoran apapun, semua permukaan kamar mandi adalah tempat tumbuhnya bakteri, virus dan lainnya. Empat bagian paling rawan adalah kran wastafel, kepala pancuran, lantai, dan toilet.
  • Selalu waspada juga karena kalo kamu jarang bersihkan kamar mandi, justru lantai bisa licin dan membahayakan. Atau, banyak virus dan bakteri yang menyebabkan radang, infeksi, kram perut, dan diare.
  • Untuk mempermudah pekerjaan bersih-bersih, pilih sikat kamar mandi dengan bahan sabut supaya lebih rata ketika proses membersihkan. Agar nggak gampang capek, pilih sikat ergonomis, gampang digenggam, dan pakai sarung tangan ya!
  • Mulai membersihkan toilet dari luar dulu. Gosok pakai sabut spons. Supaya bisa lebih bersih, lap pakai spons kering  dengan daya serap tinggi. Jangan tinggalin seluruh bagian kamar mandi dalam keadaan basah ya.
  • Jaga seluruh perlengkapan kamar mandi, termasuk dinding. Jangan sampai ada bekas sabun karena bisa meninggalkan noda seperti noda putih, kerak, berkarat, dan lainnya.
  • Bersihkan kepala shower secara rutin. Untuk shower berkarat dan kotor, copot dan rendam dulu pakai cuka dan air. Lanjutkan dengan gosok.
  • Bersihkan dinding kamar mandi pakai sikat bergagang dan berbahan sabut supaya nggak ada goresan pada dinding.
  • Bersihkan secara rutin. Jangan biarkan kotoran menumpuk atau mengeras. Karena bakalan lebih sulit lagi untuk bersihin di lain waktu.

Baca Juga : Jasa sedot WC Surabaya Murah Bergaransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *